Senin, 28 November 2011

MINUM KOPI ALHAMDULILLAH …..YA.


MINUM KOPI ALHAMDULILLAH …..YA.
By andi maulana
Senin,  28 november 2011
Berbanggalah anda yang senang minum kopi, pagi, siang dan malam hari, seperti saya andi maulana , dulu sewaktu sekolah sd, smp dan sma di galing  saya selalu minum kopi, ketika bangun tidur, pertama kali  yang saya lakukan biasanya minum kopi yang di buatkan oleh ibu saya, sepulang sekolah saya biasanya sering minum kopi sampai sekarang ketika banyak tugas kuliah, kepala pusing dan selsai makan biasanya saya  minum kopi, mungkin kopi sudah mendarah daging dalam tubuh saya yang sulit terpisahkan , kalau tidak minum kopi kurang sempurna (kurang sekare,bhs sambas) rasanya dalam hidup ini. Ternya saya harus bersyukur dengan hobi saya ini, ternya kopi baik untuk kesehatan tubuh di antaranya
 anti oksidan
 Penelitian di Jepang yang di kepalai Profesor Takayuki Shibamoto dari University of California menemukan bahwa kopi yang baru diseduh itu memiliki sifat antioksidan yang menyehatkan, mirip dengan yang ditemukan dalam kandungan vitamin C dan E.Tubuh kita sangat memerlukan antioksidan agar dapat terlindungi dari serangan radikal bebas di sekitar kita. Antioksidan inilah yang akan menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas.Jadi secangkir kopi bukan berarti secangkir penyakit, justru secangkir kopi dapat membuat hidup kita lebih sehat dan semangat. Selama dikonsumsi dengan dosis aman, jelas, kopi bermanfaat untuk kesehatan.
Salah satu dampak baik dari konsumsi kopi adalah manfaatnya sebagai pelindung otak anda dari risiko kanker.  Manfaat kopi yang dapat melindungi otak ini terungkap setelah dilakukan penelitian kesehatan terhadap 500.000 orang Eropa dalam kurun waktu 8 tahun. Para peneliti ini menemukan hasil bahwa orang yang minum satu setengah cangkir kopi dalam sehari ternyata mempunyai risiko terkena kanker otak 34% lebih rendah.Hasil ini dapat ditemukan sebab ternyata kopi mengandung antioksidan yang cukup banyak. Antioksidan ini merupakan salah satu zat penangkal sel kanker dan bermanfaat untuk pencegahan penyakit. Meskipun hasil penelitian ini dapat membuat lega pecinta kopi, tetapi perlu diketahui bahwa tipe kanker otak yang dapat dicegah oleh kopi masih tergolong langka.
Mencegah serangan jantung
Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilansir Times of India, secangkir kopi setiap hari akan dapat membantu elastisitas pembuluh darah. Hal ini dapat mencegah resiko penyakit jantung. Orang yang minum satu atau dua cangkir setiap hari memiliki tingkat elastisitas arteri yang lebih baik ketimbang yang hanya minum kopi sedikit atau tidak sama sekali.Subjek penelitian adalah orang berusia 65 hingga 100 tahun di pulau Ikaria di Yunani. Pulau itu terkenal dengan julukan pulau “umur panjang”. Sepertiga penduduknya mencapai usia 90 tahun.
Dr Christina Chrysohoou, yang memimpin penelitian itu, mengakui ada bukti yang bertentangan mengenai dampak meminum kopi dengan kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi memperparah tekanan darah tinggi.
‘Namun, meminum kopi sudah melekat erat sebagai tradisi dalam budaya Yunani sehingga penting untuk meneliti kaitan minum kopi di pulau itu dengan “harapan hidup yang tinggi”‘, by Dr Christina Chrysohoou.
Pembuluh darah pada subyek penelitian, diteliti kekenyalan dan kelenturannya. Sekitar 56 persen peminum kopi berkategori moderat yaitu mengkonsumsi kopi antara satu hingga dua cangkir sehari. Ternyata mereka memiliki kesehatan pembuluh darah yang baik, dengan aliran darah yang serupa dengan orang yang lebih muda.
Pembuluh darah mereka lebih lentur ketimbang dari orang yang sedikit atau bahkan tidak minumkopi. Satu dari sepuluh orang yang meminum tiga atau lebih cangkir kopi sehari paling rendah kelenturan pembuluh darahnya.Temuan itu dilansir pada kongres The European Society of Cardiology di Stockholm.
Dr Christina Chrysohoou mengatakan peminum kopi rata-rata mengkonsumsi 25-50 ml kopi sehari. Kopi Yunani maupun kopi lain punya khasiat yang sama. Ia memperkirakan, kandungan kopi antara lain kafein dan antioksidan yang dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah dengan meningkatkan kemampuan menyerap nitric oksit,. Proses penyerapan ini terganggu pada pasien hipertensi.
Kopi untuk stroke
Minum kopi setidaknya secangkir sehari, mengurangi risiko stroke dari 22 persen menjadi 25 persen lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang minum sedikit.
Para peneliti menyatakan, kumungkinan kopi bisa mengurangi risiko stroke karena kopi mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kopi juga mengandung antioksidan yang dikenal mampu mencegah penyakit. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan perokok pria yang tidak mengonsumsi kopi berisiko menderita stroke.
Beberapa menyarankan dosis tinggi dari kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, yang lain menunjukkan kopi mengurangi risiko kanker, usus besar pankreas, otak, mulut, dan tenggorokan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar